Koleksi Museum Tekstil Tanah Abang

Selain bisa melihat jajaran kain-kain, maka di museum Tekstil ini kita bisa belajar membatik yang konon katanya menjadi favorit turis mancanegara. Di museum Tekstil ini ada kain sepanjang 300 meter yang pernah tercatat sebagai kain batik terpanjang di dunia. Dipajang mengelilingi tembok Museum Tekstil yang terletak di Jalan Aepda KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kain batik tanpa sambungan itu hanya sebagian dari 1300 an koleksi di Museum Tekstil.

Di museum ini para tamu atau wisatawan dipersilahkan mencoba kebaya. Banyak wisatawan yang penasaran soal tata cara pemakaian kain, termasuk motif untuk perempuan dan pria.

Sesuai namanya di Museum Tekstil yang diresmikan tahun 1976 ini, kita bisa melihat beragam tekstil tradisional dari Indonesia. Seperti batik lurik, tenun dan songket. Ada banyak yang unik di sini.

Misalnya ada kain dari Sulawesi Tengah yang berasal dari kulit kayu. Kalau dilihat yang dominan disini adalah batik. Dan konon nenek moyang kita dulu suka jalan-jalan dan membawa budaya daerahnya ke daerah lain dan akhirnya nilai-nilai budaya itu saling mempengaruhi. Oleh karena itu tidak mengheran, ada banyak batik di nusantara tersebar di mana-mana, disini batik disitu batik.

Selain melihat keragaman tekstil tanah air, termasuk cara memakainya, ada satu aktifitas di museum ini yang menjadi favorit disini, yakni membatik. Konon, membatik merupakan salah satu proses meditasi. Benar juga, sebab membatik membutuhkan konsentrasi.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s